Persiapan Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polresta Pati Gelar Latpraops Lilin Candi 2023

Pati – Dalam rangka kesiapan pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Polresta Pati Polda Jateng menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) Lilin Candi 2023. Kegiatan Latpraops dilaksanakan di Aula Rupatama Mapolresta Pati pada hari Jumat (23/12/2023).

Latpraops Lilin Candi 2023 diikuti oleh seluruh Kasatgas, Bamin, Kapolsek Jajaran serta anggota yang terlibat operasi dipimpin oleh Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama didampingi oleh Wakapolresta Pati AKBP Dandy Ario Yustiawan dan Kabagops Kompol Sugino.

Dalam sambutannya, Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama mengungkapkan tujuan dilaksanakannya kegiatan operasi untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan keterampilan perorangan maupun kesatuan serta menyamakan persepsi mengenai cara bertindak di lapangan.

“Diharapkan dengan digelarnya kegiatan ini akan mewujudkan kesamaan pola pikir dan pola tindak di lapangan sehingga masing-masing Satgas Subsatgas lebih profesional dalam melaks tugas operasi,” ujarnya.

Dirinya juga meminta agar seluruh peserta memahami dan mempedomani materi yang disampaikan dalam kegiatan Latpraops.

“Sehingga hasil yang didapat selama mengikuti latrpraops dapat diimplementasikan secara optimal dalam kegiatan operasi dan memberikan hasil yang baik bagi masyarakat,” lanjutnya

Sementara itu, Kabagops Polresta Pati Kompol Sugino menegaskan agar seluruh personil yang terlibat kegiatan operasi agar melandasi pelaksanaan tugas kegiatan operasi dengan penuh rasa syukur, semangat dan bertanggungjawab.

Kabagops juga menekankan pentingnya anggota yang terlibat operasi untuk memperhatikan perkembangan situasi yang terjadi di lapangan sebelum menentukan sikap dan cara bertindak yang tepat.

“Perhatikan fenomena dan situasi yang berkembang di tengah masyarakat untuk menentukan cara bertindak yang tepat di lapangan, Cara bertindak petugas dilapangan harus disesuaikan dan mengikuti perkembangan situasi yang terjadi,” tegasnya.

Menurutnya, pengamanan Natal dan Tahun Baru tidak hanya mengenai pengamanan ibadah masyarakat, Namun juga aktifitas dan arus lalu lintas kegiatan masyarakat selama musim liburan, termasuk di tempat hiburan atau destinasi wisata dan Obyek Vital lainnya.

BACA JUGA  Kapolresta Pati Lantik Tim Relawan SAR Arvanat Sat Polairut di Pelabuhan Juwana

Potensi kemacetan, lanjutnya, pasti akan terjadi sebagai imbas meningkatnya kegiatan masyarakat. Namun yang terpenting adalah kehadiran personil di lapangan yang bergerak secara sinergi sebagai satu kesatuan sebagai wujud upaya Polri memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Dalam situasi itu mengurai kemacetan tidak hanya menjadi tugas polantas, namun perlu sinergi dari fungsi lain seperti sabhara, bhabinkamtibmas yang turun ke lapangan membantu mengurai arus lalu lintas semampu mereka,” pungkasnya.

 

Check Also

Dalam Rangka Mewujudkan Keamanan Dan Kedamaian Negeri, Polresta Pati Gelar Doa Bersama Lintas Agama

Pati – Dalam Rangka Mewujudkan Keamanan Dan Kedamaian Negeri, Polresta Pati gelar Doa bersama lintas …

Kecelakaan Libatkan 2 Mobil dan 2 Sepeda Motor Di depan RS KSH, Satlantas Lakukan Olah TKP

Pati – Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan P. Sudirman tepatnya di depan RS KSH …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *