Kasat Binmas Polres Pati Lantik 20 Siswa Patroli Keamanan Sekolah SMP Negeri 1 Wedarijaksa

Pati – 20 siswa yang terpilih sebagai anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMP Negeri 1 Wedarijaksa dilantik Kenaikan Tingkat oleh Kasat Binmas Polres Pati, AKP Eko Pujiono, S.H, Selasa (15/03/2022).

Kegiatan yang berlangsung di lapangan Tenis SMP Negeri 1 Wedarijaksa ikut Ds. Panggungroyom Kec. Wedarijaksa Kab. Pati, dihadiri Kapolsek Wedarijaksa Iptu Suntoro, S. Sos. M.H, oleh segenap anggota Sat Binmas Polres Pati dan para pimpinan SMP Negeri 1 Wedarijaksa serta Bhabinkamtibmas Desa Panggungroyom.

Kasat Binmas Polres Pati AKP Eko Pujiono, S.H berharap dengan dilantiknya 20 siswa sebagai PKS nantinya bisa menjalankan tugasnya sebaik mungkin.

“Tugas yang diemban Patroli Keamanan Sekolah hanyalah sebagai pengawas atau pemantau dari tindakan-tindakan negatif yang terjadi di sekolah sebagai kemudian dilaporkan untuk pihak guru,” ujar Kasat Binmas.

Sedangkan perluasan tugasnya, lanjut AKP Eko yaitu pada bidang kelalulintasan, dimana seluruh bagian Patroli Keamanan Sekolah harus mengetahui peraturan-peraturan kelalulintasan.

“Dalam kegiatan PKS ini, para siswa dilatih menjadi semacam “polisi sekolah”. Tuturnya.

AKP Eko menjelaskan bahwa sangat banyak ilmu yang didapat oleh seorang bagian PKS seperti pelajaran tentang Narkoba dan Kenakalan Remaja, agar mereka tahu betapa membahayakannya Narkoba, Latihan Baris berbaris, kedisiplinan, kekompakan, terutama Gerakan-gerakan pengaturan lalu lintas, yang kebanyakan di terapkan di sekeliling yang terkait sekolah masing-masing.

“Selain itu semua tugas PKS juga menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan sekolah dan menjadi PKS bisa diaplikasikan di lingkungannya masing-masing,” pungkasnya.

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan acara pelantikan diakhiri dengan Penyiraman bunga kepada seluruh anggota PKS SMP Negeri 1 Wedarijaksa oleh Kasat Binmas Polres Pati dan Sesion Foto bersama. (Pram)

BACA JUGA  Bhabinkamtibmas Polsek Juwana Monitoring dan Pengamanan Sosialisasi Pemilu 2024 oleh PPK dan PPS

Check Also

Irjen Pol Ahmad Luthfi; 3 Pilar mewakili Negara harus menarik Penampilannya, Tutur kata dan Sikap perilaku

Kabupaten Kendal-Polda Jateng| 3 Pilar mewakili Negara harus menarik Penampilannya, Tutur kata dan Sikap Perilaku …

Polri Amankan Opening Ceremony WWF Ke-10 di Bali Hari Ini

Bali – Polri amankan 3 venue utama World Water Forum (WWF) yang berlangsung hari ini. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *