Pohon Tumbang di Jalan Pantura Pati, TNI Polri dan Para Relawan Gotongroyong Evakuasi

Pati –  Di tengah hujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Pati, sebuah pohon trembesi cukup besar di tepi Jalan Pantura Pati-Juwana, Desa Sugiharjo, Kecamatan/Kabupaten Pati, tumbang pada Rabu (13/3/2024) malam sekira pukul 21.00 WIB.

Pohon tumbang yang berdiameter 60 an cm tersebut semula berada di sisi selatan jalan. Tiba – tiba roboh dan menutupi lebih dari separuh badan jalan.

Arus lalu-lintas di Pantura Pati pun terpaksa tersendat. Kendaraan melintas bergantian di bahu jalan sebelah utara. Namun, tak lama kemudian petugas kepolisian tiba untuk mengalihkan arus lalu lintas.

Selanjutnya, proses evakuasi pohon tumbang dilakukan secara bergotong – royong oleh relawan Kembangjoyo dan PMI Pati, aparat TNI-Polri, dan warga sekitar.

Mereka menggunakan gergaji mesin untuk memotong dahan – dahan pohon agar memudahkan evakuasi.

Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama melalui Kapolsek Pati Iptu Heru Purnomo mengatakan, begitu mendapat laporan mengenai pohon tumbang, pihaknya langsung melakukan tindakan pertama untuk memastikan tidak ada ketersendatan arus lalu-lintas.

“Kendaraan dari arah Barat (di pertigaan Gemeces) kami alihkan ke JLS (Jalur Lingkar Selatan). Demikian pula dari Timur, mulai TL Widorokandang kami arahkan ke JLS juga. Tujuannya supaya ketika evakuasi tidak ada kendala,” ujarnya.

Iptu Heru menyebut, pohon tumbang dipicu curah hujan tinggi beberapa hari terakhir ini. Akibatnya kondisi tanah menjadi lembek dan gembur sehingga akar pohon tercerabut dari tanah.

Seorang pengendara sepeda motor, Nugroho Kuswanto (26), mengaku sempat kesulitan melintas karena harus bergantian dengan pengendara lain.

“Saya dari Juwana mau ke Pati. Lalu-lintas sempat tersendat karena ada pohon tumbang. Untungnya ada petugas yang mengatur lalu-lintas,” pungkasnya.

BACA JUGA  Kapolresta Pati Pimpin Upacara Bendera Merah Putih Pada Hari Kesadaran Nasional

 

Check Also

Seleksi Penerimaan Polri 2024, Polresta Pati Verifikasi 260 Peserta

Pati – Penerimaan calon anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melalui Bag SDM Polresta Pati melaksanakan …

Berhasil Jaga kamtibmas di Jawa Tengah, Kapolda Jateng IrjenPol Ahmad Luthfi Jadi Sosok Kebanggaan Kaum Buruh

Polda Jateng, Kota Semarang | Terwujudnya Pemilu yang damai disebut Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *