Cek Ketahanan Fisik Personil, Polresta Pati Gelar Tes Kesamaptaan Tahap I Tahun 2024

Pati –  Kepolisian Resor Kota Pati, Polda Jawa Tengah menggelar Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) Tahap 1 Tahun 2023 di Stadion Joyokusumo, Pati, Mulai hari Selasa – Kamis 23 – 25 Januari 2024. Kegiatan diikuti oleh personel Polri baik Polresta maupun polsek termasuk juga Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kepolisian.

Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama melalui Kabag SDM AKBP R Sulistyaningrum mengatakan bahwa kegiatan tes kesamaptaan ini adalah kegiatan yang dilakukan rutin seluruh anggota kepolisian. Pada pelaksanaan kali ini merupakan tahap ke pertama tahun 2024.

“Kegiatan dilaksanakan untuk mengecek kondisi fisik personel Polresta Pati dan Polsek Jajarannya. Selain itu untuk mengetahui kebugaran serta kesehatan personel,” jelasnya saat pimpin kegiatan Kamis (25/01/2024).

Dalam pelaksanaannya, sebelum melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani dilakukan terlebih dahulu pemeriksaan tinggi badan dan berat badan anggota. Hal ini untuk mengetahui ada tidaknya anggota yang masuk dalam kategori kelebihan berat badan.

Selain itu juga personel Polresta Pati sebelum diperiksa tinggi dan berat badan dilakukan juga pemeriksaan tensi. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi tekanan darah sebelum melaksanakan TKJ. Sehingga anggota dianggap memenuhi syarat untuk mengikuti tes kesamaptaan atau tidak.

Kabag SDM menambahkan, apabila dalam pemeriksaan tensi memenuhi syarat selanjutnya anggota mengikuti rangkaian tes kesamaptaan jasmani. Tes tersebut meliputi lari 12 menit, push up, sit up, pull up dan shuttle run.

“Kegiatan dilaksanakan rutin dua kali dalam setahun, adapun kegitan untuk mengukur kemampuan anggota dlm bidang jasmani sejauh mana ketahanan fisik anggota Polresta Pati selama 6 bulan, ” tandasnya

Hasil tes kesamaptaan jasmani tersebut nantinya akan dilaporkan ke Polda Jawa Tengah setelah pelaksanaan selesai.

 

BACA JUGA  Selama Dalam Akhir Bulan Februari ini Sat Reskrim Polresta Pati Ungkap 8 Tersangka Kasus Curat

Check Also

Seleksi Penerimaan Polri 2024, Polresta Pati Verifikasi 260 Peserta

Pati – Penerimaan calon anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melalui Bag SDM Polresta Pati melaksanakan …

Berhasil Jaga kamtibmas di Jawa Tengah, Kapolda Jateng IrjenPol Ahmad Luthfi Jadi Sosok Kebanggaan Kaum Buruh

Polda Jateng, Kota Semarang | Terwujudnya Pemilu yang damai disebut Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *