Kapolda Jateng mengeluarkan Buku Saku Pedoman Netralitas anggota Polri dalam Pemilu 2024

SEMARANG – Polda Jateng|Kapolda Jateng kembali menekankan komitmen terkait Netralitas anggota Polri dalam pemilu. Demikian penekanan Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk., S.H. saat memberikan arahan kepada anggota dalam giat apel Pagi di halaman Mapolda Jateng yang di hadiri oleh seluruh PJU Polda Jateng dan Kapolres/ta Jajaran Polda Jateng. Senin (4/12/2023) pagi.

Dalam kesempatan apel pagi, Kapolda Jateng menjelaskan terkait Buku saku Pedoman Netralitas anggota Polri dalam pemilu 2024, di dalam buku saku yang di keluarkan oleh Kapolda Jateng tersebut memuat delapan Dasar hukum dan Jukrah, Tahapan Pemilu 2024, Tujuh belas Perilaku Netralitas Polri dalam tahapan Pemilu 2024, lima bentuk tindakan Patroli Netralitas, Gaya berfoto anggota Polri yang di perbolehkan berikut empat belas gaya berfoto anggota polri yang tidak di perbolehkan,

“ Buku saku Pedoman Netralitas Anggota Polri dalam Pemilu 2024 ini berisi petunjuk dan arahan bagaimana Personil Polri bersikap Netral dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada, Buku saku ini sudah ada terkait tahapan pemilu termasuk didalamnya mengatur tentang hal-hal yang tidak boleh dilakukan misalnya gaya berfoto maupun penggunaan medsos,” ujarnya.

Kapolda Jateng menekankan kepada seluruh jajaran untuk mempedomani buku yang merupakan buku panduan bagi personil Polri, dalam mewujudkan Netralitas pada Pemilu 2024.

Lanjut Kapolda, Netralitas Polri termasuk dalam Pelayanan Polri dalam penerimaan Laporan pengaduan Masyarakat yang mengarah Tindak Pidana Umum dibarengi dengan Tindak Pidana Pemilu.

“Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) di tingkat Polda sampai di tingkat Polres sudah kita latihkan bagaimana cara penanganan penerimaan Laporan dan Penyidikan di wilayah yang bersentuhan dengan Pemilu,” ungkap Kapolda.

Netralitas Polri, lanjutnya, merupakan salah satu program prioritas Kapolri dalam mewujudkan Polri yang Presisi, Sebagaimana penekanan Kapolri tentang Jaminan Keamanan dan Netralitas Polri dalam Pelaksanaan Pemilu 2024.

BACA JUGA  Polsek Juwana Amankan 7 ABK Mabuk dan Puluhan Botol Miras

“Penekanan dan arahan terkait Netralitas telah diberikan secara menyeluruh dan terus menerus hingga ke tingkat Polres dan Polsek di jajaran Polda Jateng,” tegasnya.

Check Also

Irjen Pol Ahmad Luthfi, sosok Kapolda Jateng yang dekat dengan Masyarakat; bersama Komunitas Jeep mengadakan Baksos di Boyolali

Boyolali-Polda Jateng|Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi sosok yang di kenal sangat dekat masyarakat, mengadakan …

Berhasil Jaga kamtibmas di Jawa Tengah, Kapolda Jateng IrjenPol Ahmad Luthfi Jadi Sosok Kebanggaan Kaum Buruh

Polda Jateng, Kota Semarang | Terwujudnya Pemilu yang damai disebut Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *