Jaringan Pemred Sumbar lakukan audiensi dengan Kabid Humas Polda Jateng: upaya bersama tangkal Hoax

SEMARANG, — Polda Jateng| Kabid Humas Polda Jateng menerima audiensi rombongan Jaringan Pemred Sumbar (JPS) yang sedang mengadakan Studi Tiru ke Polda Jateng dengan tema kegiatan Jurnalis Anti Hoax mengawal Pemilu, Berani Hoaks, Hook Saja, di Mapolda Jateng, Rabu (29/11/2023).

Dalam sambutannya, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Satake Bayu menyampaikan bahwa sejauh ini semua Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Jawa Tengah berjalan lancar dan kondusif, Begitu juga dengan roda pemerintahan juga berjalan dengan baik sesuai tugas pokok dan fungsi serta aturan yang berlaku.

“ Saat ini tengah berjalan tahapan kampanye peserta pemilu dan situasi sampai saat ini relatif aman, Semoga suasana kondusif ini terus berlanjut hingga selesainya semua tahapan pemilu,” ungkap Kombes Satake di hadapan peserta studi Tiru yang dipimpin oleh Koordinator Adrian Tuswandi dan Kabag Prokopim Setdaprov Sumbar Budi Arif.

Kombes pol. Bayu menambahkan berbagai kegiatan dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah jelang Pemilu, Polda Jateng bersama Polres jajaran menggelar kegiatan Manajemen Sosial dengan cara secara rutin melakukan kegiatan sosial seperti pembagian sembako, pembagian air bersih, penanaman pohon dan pengobatan gratis bagi warga. Kegiatan yang dilakukan tersebut juga bekerjasama dengan stakeholder terkait.

“Kegiatan ini digelar Polda Jateng dalam upaya membantu masyarakat kurang mampu, serta sebagai salah satu upaya Cooling Sistem dalam menjaga Kamtibmas ” ucap Kombes Satake.

Dilanjutkan Kombes Satake, dalam mensukseskan Pemilu serentak 2024, Polda Jateng melalui Bidang Humas melakukan Manajemen media. Dengan cara melakukan Patroli Siber guna memantau berita Hoaks atau ujaran Kebencian di dunia Maya.

“ dalam Patroli Siber selain kita lakukan bersama dengan Direktorat Reskrimsus juga mengajak berbagai stakeholder termasuk rekan-rekan media untuk bersama-sama memantau berita Hoaks dan Ujaran Kebencian di Media Sosial. Jika ada temuan terjadinya ujaran Kebencian dan Hoaks, maka di tahap awal kita lakukan teguran dan pembinaan, jika terus berlanjut atau tidak diindahkan, maka kita lakukan tindakan yang lebih tegas, Namun perlu di ingat bahwa penegakan hukum yang di lakukan merupakan upaya terakir karena kita mengedepankan upaya persuasif ” ujar Kombes Satake.

BACA JUGA  Kapolda Jateng Gelar Silaturahmi Dengan Habib Luthfi bin Yahya

Selain itu Polda Jateng juga melakukan Manajemen Kemitraan yaitu mengajak tokoh-tokoh masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak 2024.

“Dalam hal ini, kita mengajak tokoh tokoh masyarakat untuk bersama-sama membangun kesadaran masyarakat dalam mensukseskan pemilu, termasuk mengajak masyarakat ramai-ramai ke TPS dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih, Karena salah satu tolok ukur sukses pemilu adalah meningkatnya partisipasi pemilih dalam pemilu,” ungkap Kombes Satake.

Terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2024, tambah Kombes Satake, secara nasional Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melaksanakan Operasi Mantab Brata, Khusus di Polda Jateng operasi ini melibatkan 22.764 personil yang terdiri dari personil Polda dan Polres se Jateng, ditambah anggota TNI dan instansi lain nya.

“Dalam operasi ini, kita melakukan Pengamanan terhadap 117.299 TPS dimana jumlah dan komposisi Personil yang ditempatkan di TPS, tergantung tingkat kerawanan TPS tersebut ” pungkas Kombespol Satake

Usai audiensi, Kombes Pol. Satake mengajak tim jurnalis meninjau sejumlah ruangan fasilitas bidang Humas, termasuk ruangan Podcast yang dimanfaatkan untuk mensosialisasikan berbagai program Polda Jateng ke masyarakat untuk menjaga kondusifitas daerah.

Check Also

Irjen Pol Ahmad Luthfi pererat sinergi dengan GP Ansor Jawa Tengah; hal senada di katakan Ketua PW Ansor Jateng menyatakan setiap saat berkolaborasi dengan Kepolisian

Kota Semarang-Polda Jateng| Irjen Pol Ahmad Luthfi Kapolda Jateng ber Halal Bihal dan Silaturahmi dengan …

Pengelola Objek Vital Nasional berterima kasih kepada Irjen Pol Ahmad Luthfi Kapolda Jateng atas dukungan saat wabah Covid 19 sehingga bisa Recovery kembali

Kota Semarang-Polda Jateng| Irjen Pol Ahmad Luthfi Kapolda Jateng lakukan Halal Bihal dengan Pengelola Objek …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *