Jelang Hari Natal, Tim Gegana Polda Jateng dan Polresta Pati Sterilisasi Gereja

Personel Gabungan dari Tim Gegana Polda Jateng dan Polresta Pati melakukan sterilisasi ena Gereja yang akan digunakan untuk perayaan Natal di Wilayah Kota Pati, Jum’at (24/12/2022).

Petugas dari Sat Samapta Polresta Pati dan Tim Gegana Sat Brimob Polda Jawa Tengah, memakai atribut lengkap, metal detector, inspection mirror dan anjing pelacak K-9, menyisir halaman gereja, seluruh sudut, serta ruang utama yang akan digunakan untuk perayaan natal.

Keenam Gereja yang di sterilisasi antara lain Gereja Injil Tanah Jawa (GITJ) Pati alamat Jl. Sunan Muria, Gereja GKMI Ebenhaezer Tabernakel alamat Jl. Dr. Susanto Kel. Parenggan Pati, Gereja Isa Almasih (GIA) alamat Jl. Dr. Wahidin, Gereja Bethel Tabernakel Keluarga Allah alamat Jl. Sunan Kalijaga Pati, Gereja Santo Yusup alamat Jl. Kamandowo dan Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI) alamat Jl. Thamrin No. 1A.

Kapolresta Pati AKBP Christian Tobing melalui Kasi Humas AKP Pujiati mengatakan, sterilisasi Gereja-Gereja dilakukan menjelang perayaan Natal guna memberikan rasa aman dan nyaman sehingga masyarakat yang akan merayakan Natal dapat beribadah dengan khidmat.

“Ini bentuk daripada pemenuhan SOP sebagaimana yang harus dilaksanakan oleh kepolisian untuk memberikan rasa aman, nyaman dan kondusif kepada para jemaah,” ungkapnya.

Selain sterilisasi, kata dia, Polresta Pati juga telah mendirikan pos pengamanan di enam gereja yang jemaatnya banyak dan meningkatkan pengamanan di tempat ibadah, mengawasi objek vital dan tempat wisata.

“Penyisiran kita lakukan mulai dari halaman gereja, serta ruang utama yang akan digunakan untuk perayaan natal”. Tuturnya.

Ia berharap, adanya sterilisasi ini diharapkan para jemaat gereja akan merasa aman dan nyaman dalam merayakan natal, disisi lain juga untuk memastikan gereja aman dari ancaman atau gangguan keamanan yang tidak diinginkan.

BACA JUGA  Apel Jam Pimpinan TNI-Polri di Alun-alun, Polresta Pati dan Kodim Jajaran Ekswil Pati Siap Menghadapi Tahun Politik

Menurut dia, dalam penyisiran terhadap sejumlah gereja tersebut, tim Gegana tidak menemukan sesuatu yang dianggap membahayakan.

“Namun begitu kami menghimbau kepada para jemaat yang akan merayakan Misa dan Natal untuk tetap waspada,” terangnya.

Pihaknya juga memeperketat pengamanan dengan melakukan patroli, baik pagi, siang, sore, maupun malam hari.

“Kita kerahkan personel dengan bersenjata lengkap, meski begitu menjaga keamanan merupakan kewajiban semua pihak, instansi dan seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Check Also

Komitmen Irjen Pol Ahmad Lutfhi dalam melayani masyarakat tegaskan cukupi Nakes di Rumkit Bhayangkara Blora

Kabupaten Blora-Polda Jateng| Saya akan beri Personel yang punya pelaksanaan tugas tanpa batas, demikian di …

Halal bi Halal bersama NU dan Muhammadiyah Irjen Pol Ahmad Lutfhi komitmen layani masyarakat Jepara menuju Gemah ripah Loh Jinawi Toto Tentrem Kerto Raharjo

Kabupaten Jepara-Polda Jateng| Komitmen layani Masyarakat wujudkan Kabupaten Jepara Gemah Ripah Loh Jinawi Toto Tentrem …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *