Pratama Arhan Pemain Timnas Sepak Bola Indonesia. (doc. PSSI)

Selamat, Pratama Arhan Ulang Tahun

Readpos.com – Pratama Arhan genap berusia 20 tahun pada hari ini, Selasa 21 Desember 2021. Pemain Timnas sepak bola Indonesia tersebut diketahui lahir di Blora, 21 Desember 2001.

Pratama Arhan Alif Rifai mengawali karir sepak bola profesional yang bermain sebagai bek kiri untuk klub Liga 1 PSIS Semarang. Dia dikenal karena kemampuan lemparan panjang dan tendangan bebasnya.

Prestasi individu yang pernah ia raih adalah ketika menjadi pemain muda terbaik pada turnamen Piala Menpora 2021. Dari torehan tersebut, kemudian ia dipanggil oleh pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong (STY) untuk gabung di skuad Garuda.

Bersama timnas ia tampil cukup konsisten, hampir setiap laga yang dilakoni tim asuhan STY ia selalu menjadi pilihan utama. Tercatat ia telah memperkuat Indonesia dilaga internasional sebanyak 11 kali. Tiga diantaranya di piala AFF Sauzuki Cup 2020 di Singapura.

Mengesankan, pada laga terbaru ia menjadi man of the match pada pertandingan Indonesia vs Malaysia. Hal itu karena ia mampu menciptakan satu gol dan satu assist untuk kemenangan 4-1 atas Harimau Malaya.

Dibalik pencapaiannya hari ini tidak terlepas dari peran orang tua yang selalu memberi dukungan. Demi mengantarkan putranya mencapai cita-cita, Surati sang ibu dari Pratama Arhan harus berjuang sekuat tenaga dengan bertani dan jualan sayur keliling.

Bahkan, ada kenangan yang cukup lucu ketika Arhan hendak mengikuti latihan bersama sekolah sepak bola (SSB) Terang Bangsa di Blora. Saat itu, Surati membelikan sepasang sepatu sepak bola yang dibanderol dengan harga Rp 25 ribu. Namun, saat baru dipakai pertama kali, sepatu itu sudah jebol.

Perjuangan Surati untuk mengantarkan anaknya ke dunia sepak bola tak hanya sampai di situ. Sebab, dia harus berutang agar bisa membiayai Pratama Arhan.

BACA JUGA  Polsek Kayen Evakuasi Orang Bunuh Diri di Desa Srikaton

“Pernah saat satu bulan itu ada tiga turnamen, dan setiap berangkat itu ya harus berutang. Karena di SSB itu setiap turnamen membayar Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu,” kata Surati dikutip dari Suara.com. (ahr)

Check Also

Update Jadwal Semifinal Aff Suzuki Cup 2020

Update Jadwal Semifinal Aff Suzuki Cup 2020

Singapura – Turnamen sepak bola se- Asia Tenggara, Piala AFF Suzuki Cup 2020 telah masuk …

Fakta Dibalik Asnawi Sebagai Wakil Kapten Timnas Indonesia

Jakarta – Asnawi Mangkualam berstatus sebagai wakil kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Jadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *