Siap Pengamanan Mudik, Polresta Pati Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024

Pati – Polresta Pati melaksanakan Apel Gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2024, Rabu (03/04/2024) bertempat di lapangan apel Mapolresta Pati. Apel tersebut guna memastikan kesiapan personel dalam mengamankan mudik lebaran tahun 2024.

Operasi Ketupat 2024 dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia selama 13 hari mulai tanggal 04 sampai 16 April 2024. Polresta Pati melibatkan Personil sebanyak 960 orang, terdiri dari gabungan TNI, Polri dan pemangku kebijakan (stakeholder) yang lainnya, termasuk masyarakat.

Dalam Apel tersebut dipimpin oleh Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, didampingi Dandim 0718 Pati Letkol Inf Jon Young Saragi dan di Hadiri oleh Forkopimda Pati, PJU Polresta Pati, Dansubdenpom Pati, Kadinkes, Kasatpol PP, Kadishub, Kepala Jasa Raharja, Ketua MUI, Ketua FKUB, Ketua Orari, Ketua Senkom dan Ketua Rapi Kab. Pati.

Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama dalam amanatnya membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

“TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 s.d. 16 April 2024. Operasi ini telah diawali KRYD tanggal 28 Maret s.d. 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 s.d. 23 April 2024”, ucapnya.

Kapolresta menambahkan Dalam operasi ini, telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Tentunya, pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal.

BACA JUGA  Gelar Konferensi Pers, Polresta Pati Tetapkan Tersangka Penyelundupan Kendaraan ke Timor Leste Jadi 8 Orang

“Polri bersama dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR kembali mengeluarkan Surat Keputusan Bersama tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran 2024/1445 H,” lanjutnya.

Lebih lanjut Kombes Pol Andhika membacakan amanat Kapolri menyampaikan bahwa Berbagai upaya tersebut diharapkan dapat berjalan optimal, sehingga masyarakat dapat merasakan “mudik aman, ceria, penuh makna”. Diharapkan momentum hari raya Idul Fitri ini dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat.

“Atas nama Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan “Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H” kepada seluruh umat Islam yang merayakan. Semoga kita mampu mendapatkan ampunan dan menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci”, tandasnya.

Selesai Apel gelar pasukan dilaksanakan pengecekan Sarpras pendukung Ops Ketupat Candi 2024 berupa kendaraan dinas R2 dan R4 dari Satsamapta Satlantas dan Brimob, KBM AWC, KBM Public Address serta perahu karet Satpolairud.

 

Check Also

Safari Kamtibmas Di Cilacap, Kapolda Jateng Tekankan Pentingnya Sinergitas TNI-POLRI dan Pemda Dalam Menjaga Harkamtibmas

Cilacap – Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.S.t.M.K (Kapolda Jateng), mengadakan acara silaturahmi kamtibmas …

Irjen Pol Ahmad Luthfi Kapolda Jateng silaturahmi di Cilacap Berkolaborasi wujudkan Kamtibmas Kondusif

Cilacap-Polda Jateng| Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi bertempat di Gedung Patra Graha Convention Hall …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *