Terima Kunjungan Studi Banding Komunitas Penegak Hukum Internasional, Kapolda Paparkan Program Polda Jateng Hadir dan Cooling System Pemilu

POLDA JATENG – Kota Semarang | Program Polda Jateng Hadir dan Cooling System menjadi strategi andalan Polda Jateng dalam menjaga Sitkamtibmas menjelang Pemilu 2024. Hal ini diungkapkan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam paparannya dihadapan komunitas delegasi penegak hukum internasional atau Delegasi Indonesian Foreign Law Enforcement Community (IFLEC) di Aula Lantai 6 Mapolda Jateng, Selasa (12/9/2023) pagi.

Delegasi IFLEC yang didampingi Kadivhubinter Mabes Polri Irjen Pol Khrisna Murti beranggotakan perwakilan penegak hukum dari berbagai negara diantaranya Kanada, Amerika Serikat, Australia, Jepang, Taiwan, Inggris, Jerman, Filipina, Prancis, Selandia Baru, dan Singapura.

Irjen Pol Khrisna Murti menuturkan, dalam kegiatan tersebut delegasi IFLEC melaksanakan studi banding di Mapolda Jateng.

“Maksud dan tujuan kami yaitu bagian dari kegiatan rutin untuk melaksanakan pertemuan, khususnya hari ini di Polda Jateng kunjungan ini digunakan sebagai studi banding kepolisian di negaranya,” tutur Kadivhubinter

Atas kunjungan tersebut, Kapolda Jateng mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan dengan menjadikan Polda Jateng sebagai tujuan dari studi banding.

“Jumlah personel Polda Jateng sebanyak 33.165 Pers dan memiliki 35 Polres/ta/tabes serta 572 Polsek/Subsektor. Total penduduk di Jateng adalah 37 Juta Orang dibanding dengan jumlah personel Polda Jateng 33.165 Orang maka Rasio Polisi sebesar 1:1.116,” jelas Kapolda dihadapan para delegasi

Untuk mengatasi kondisi tersebut, Polda Jateng mempunyai program unggulan yaitu Polda Jateng Hadir sebagai representasi hadirnya negara ditengah masyarakat.

“Polda Jateng hadir secara personal dan berkelompok guna memberikan pelayanan, perlindungan, dan pengayoman kepada masyarakat,” terangnya.

Kapolda menyebut strategi tersebut cukup berhasil dalam upaya menjaga situasi harkamtibmas di Jawa Tengah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang diperoleh Polda Jateng dan jajaran.

BACA JUGA  Menyambut HUT ke-74, Polwan Polres Pati Baksos Peduli Sesama Melalui Program Jumat Berkah

Diantaranya Penghargaan Kementrian PPPA, Penghargaan Lemkapi, Penghargaan Kompolnas Award, Penghargaan Kadivhumas, dan Juara 3 Tingkat Mabes Polri pengungkapan TPPO, serta berbagai keberhasilan pengungkapan kasus tindak pidana Narkotika Jaringan Internasional dan kejahatan menonjol.

Strategi Cooling System yang dilakukan Polda Jateng juga menjadi salah satu andalan dalam menghadapi pemilu 2024. Strategi Cooling System, lanjut Kapolda, dilakukan dengan menerapkan manajemen sosial, manajemen media, dan manajemen kemitraan.

“Cooling System dilakukan Polda Jateng guna mencegah terjadinya polarisasi di masyarakat, sehingga tercipta situasi harkamtibmas yang kondusif sehingga diharapkan Pemilu 2024 dapat terselenggara dalam keadaan aman dan damai,” tegasnya.

Tidak hanya harkamtibmas di Jawa Tengah dalam kesempatan tersebut, Kapolda juga menuturkan peran serta Polda Jateng dalam upaya menjaga perdamaian dunia.

“Keikutsertaan Polda Jateng dalam Peacekeeper, sejak tahun 2016 s.d 2022 total 92 Personel Polda Jateng tergabung dalam pasukan Peacekeeper Polri dengan rincian 73 Pers FPU dan 19 Pers IPO,” tandasnya.

Check Also

Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kapolda yang Inovatif menerima penghargaan Detik Jateng-Jogja Award 2024

Kota Semarang-Polda Jateng| Penuh Prestasi dan Inovatif sebuah kata yang cocok di sematkan kepada Irjen …

Polda Jateng Menggelar Nobar Semi Final Timnas Indonesia Piala AFC Asian Cup U23

Semarang-Polda Jateng | Polda Jateng menggelar Nobar (nonton bareng) babak semifinal Tim Nasional (Timnas) Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *