Petugas Gabungan TNI-Polri dan BPBD Evakuasi Warga Korban Banjir Bandang di Pati

Pati – Intensitas hujan yang cukup tinggi di pegunungan kendeng menyebabkan banjir bandang di enam kecamatan di Kabupaten Pati dengan rata-rata ketinggian air mencapai 1,5 meter. Beberapa kecamatan yang terdampak akibat banjir bandang tersebut antara lain Sukolilo, Kayen, Tambakromo, Pucakwangi, Gabus dan Winong.

Tanggap atas kejadian tersebut, dengan cepat Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pati bersama Kodim 0718 dan BPBD Kab. Pati mengevakuasi warga masyarakat yang tempat tinggalnya terdampak banjir bandang ke tempat yang lebih aman. Rabu (30/11/2022).

Kegiatan evakuasi korban banjir tersebut, dipimpin langsung oleh Plt. Kapolresta Pati AKBP Christian Tobing dengan sasaran prioritas anak-anak, orang sakit, ibu-ibu, dan lansia. Ratusan personel Polresta Pati yang terdiri dari Personil Sat Samapta, Sat Poalirud, Polsek setempatpun dikerahkan.

“Saat ini kita melaksanakan evakuasi warga masyarakat yang menjadi korban banjir bandang bersama Kodim 0718 Pati dan BPBD Kab. Pati. Kita menguatamakan anak-anak, orang sakit, ibu-ibu, dan lansia untuk dipindahkan sementara ke tempat yang lebih aman.” Ucapnya.

Selain mengevakuasi warga, Polresta Pati juga melaksanakan pengamanan barang-barang milik masyarakat yang terdampak banjir.

“Selain mengevakuasi warga korban banjir kami juga mendirikan posko siaga banjir yang ber-fungsi untuk memantau perkembangan banjir, mengamankan barang-barang milik masyarakat” tegasnya.

Sedangkan untuk perkembangan situasi terkini kondisi banjir berangsur surut namun pihak Polresta Pati terus melakukan pemantauan terhadap perkembangan di lapangan sebagai langkah antisipasi apabila ada banjir atau hujan deras susulan.

“Kami menyiagakan personel gabungan di lapangan untuk terus memantau perkembangan se-bagai langkah antisipasi adanya banjir susulan, sehingga bisa cepat dalam membantyu masyarakat yang membutuhkan pertolongan” jelasnya.

Dalam proses evakuasi tersebut, Polresta pati mengevakuasi satu orang lansia meninggal dunia karena sakit dan dan dua orang karena kedingainan yang saat ini dirawat di RSUD Kayen Pati.

BACA JUGA  TNI-Polri Gelar Geladi Pengamanan Tamu VVIP KTT G20 di Bali

Setelah masyarakat diungsikan ke tempat yang lebih aman, Polresta pati melalui Polsek Winong, Polsek Tambakromo, dan Polsek Gabus secara masif dan berkelanjutan memberikan bantuan berupa pakaian, makanan, dan obat-obatan.

Check Also

Respon Cepat Keluhan Masyarakat, Satlantas Polresta Pati Amankan Knalpot Brong

Satlantas Polresta Pati malam ini melakukan Penertiban pelanggaran Knalpol tidak standar atau Knalpot Brong dan …

Dua Rumah Warga di Gunungwungkal Pati Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Angin puting beliung melanda di wilayah Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati. Dua rumah warga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *