Sejarah Awal Mula Internet
Ilustrasi Pengguna Internet

Sejarah Awal Mula Internet

readpos.com – Pada Zaman sekarang internet seakan menjadi kebutuhan utama setiap orang. Internet digunakan hampir di setiap kegiatan dan kesempatan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali kegiatan yang terbantu dengan kehadiran internet sehingga dapat diselesaikan lebih cepat dari waktu yang seharusnya.

Internet merupakan singkatan dari interconnection-networking, yang berarti jaringan komunikasi global yang menghubungkan milyaran jaringan komputer di seluruh penjuru dunia menggunakan media komunikasi seperti satelit dan telepon.

Dimulainya Internet berawal pada tahun 1969 dan pada saat itu internet hanyalah sebuah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA. ARPA merupakan bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek tersebut diberi nama ARPANET. Yakni singkatan dari Advanced Research Project Agency Network.

Proyek tersebut mendapatkan hasil temuan tentang bagaimana perangkat lunak (software) komputer yang berbasis UNIX dapat berpadu padan dengan perangkat keras (hardware). Sehingga, para pengembangnya mulai menyadari bahwa hal tersebut dapat membantu manusia untuk berkomunikasi jarak jauh melalui saluran telepon. Padahal, pada awalnya hanya akan digunakan untuk kepentingan militer saja.

Kemudian, pada tahun 1986 sistem nama domain mulai diperkenalkan kepada masyarakat, atau yang saat ini kita kenal dengan istilah DNS alias Domain Name System. DNS ini berfungsi untuk menyamakan sistem pemberian nama alamat yang ada pada jaringan komputer. Hingga kemudian pada tahun 2000-an, internet semakin berkembang dengan sangat pesat.

Berawal dari sebuah proyek militer, penemuan internet terus dikembangkan hingga pada akhirnya menjadi internet seperti yang kita kenal sekarang dan hingga kini, sejarah internet masih terus saja berkembang.

Itulah sejarah internet, Toppers! Yang pasti, perkembangan internet akan terus dilanjutkan dan siapa tahu nanti akan banyak fitur-fitur baru yang bahkan kita belum terbayangkan! Saat ini, kita paling banyak menggunakan internet untuk social media. Bahkan terkadang kita tidak bisa lepas dari sosial media dan membutuhkan internet yang kencang untuk upload foto-foto kita di sosial media!

BACA JUGA  Cara Mandi Wajib Ala Imam Al-Ghazali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *