Halaqah Revitalisasi Pesantren : Sinergi Polda Jateng, Kyai, dan Pesantren Tangkal Radikalisme Menjelang Pilkada 2024

Polda Jateng-Kota Semarang | Guna memperkuat sinergi antara Polri, Kyai, dan Pondok Pesantren dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas) menjelang Pilkada 2024, Polda Jawa Tengah menyelenggarakan Halaqah Revitalisasi Lembaga Formal Pesantren Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS). Kegiatan ini melibatkan 80 pengurus Pondok Pesantren dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

Acara yang juga merupakan bagian dari persiapan Operasi Mantap Praja Candi 2024 terkait pengamanan Pilkada Serentak di Jawa Tengah, berlangsung di Hotel Candi Indah, Kota Semarang, pada Selasa (17/9/2024) siang. Kegiatan ini dipimpin oleh Dirbinmas Polda Jateng, Kombes Pol Lafri Prasetyono, didampingi Kasubditbintibsos, AKBP Hasin Setiawan.

Dalam paparannya, Kombes Pol Lafri Prasetyono menyoroti dua ancaman utama yang dapat membahayakan santri saat menimba ilmu di pesantren. Ancaman pertama adalah penyebaran paham radikal melalui kegiatan pengajian yang mengarahkan para santri pada radikalisme.

“Radikalisme merupakan cikal bakal terorisme, yang bermula dari intoleransi. Santri yang terpapar radikalisme cenderung tertutup dan bahkan menjauh dari keluarganya,” ujar Lafri. Ia menambahkan, penyebab radikalisme antara lain kemiskinan, kurangnya pendidikan, marginalisasi, dan adanya standar ganda dari negara maju.

Untuk melindungi santri, Lafri menekankan pentingnya pesantren berpegang pada empat konsensus dasar yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Kerja sama dengan berbagai pihak juga diperlukan guna mencegah penyebaran paham radikal di lingkungan pesantren.

Bertempat di Mapolda Jateng pada Rabu (18/9/2024) Dalam keterangan nya, Menanggapi kegiatan tersebut, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Artanto memberikan apresiasi atas terselenggaranya Halaqah. Melalui kegiatan ini, dirinya berharap para santri dapat tumbuh menjadi generasi penerus yang cinta NKRI dan mampu menghindari paham radikal.

BACA JUGA  Pastikan Malam Lebaran Aman, Polresta Pati Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbiran

“Kami berharap kegiatan ini dapat memperkuat sinergi Polri, Kyai, dan pengurus pesantren untuk bersama-sama menangkal radikalisme menjelang Pilkada 2024. Melalui kerja sama ini, diharapkan para santri dapat tumbuh menjadi generasi penerus yang cinta NKRI dan mampu menghindari paham radikal,” pungkas nya.

Check Also

Polresta Pati Gelar Apel Bhabinkamtibmas Dalam Rangka Cipta Kondisi Dalam Rangka Pilkada 2024

Pati – Polresta Pati menggelar Apel Bhabinkamtibmas Polda Jateng Ta. 2024 dengan tema “Optimalkan Peran …

Polresta Pati Masih Buru Terduga Pelaku Penusukan hingga Menewaskan Korban di Kedungwinong Sukolilo

Pati – Kasus penusukan maut di lapangan Desa Kedungwinong saat ini masih dilakukan penyelidikan mendalam. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *