Polsek Pati Optimalkan Patroli Cegah Terjadinya Tawuran Pelajar

Pati  – Polsek Pati Polresta Pati Polda Jateng, mengoptimalkan patroli pencegahan tawuran pelajar Sebagai wujud upaya pembinaan, tindakan nyata dan responsibilitas adanya aduan masyarakat dan menindaklanjuti banyaknya keluhan masyarakat tentang adanya potensi gangguan. Rabu (14/08/2024).

“Patroli untuk mencegah terjadinya tawuran pelajar ini adalah bagian dari KRYD (kegiatan rutin yang ditingkatkan),” kata Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama melalui Kapolsek Pati Kota Iptu Heru Purnomo.

Kapolsek mengatakan sasaran giat ini adalah kelompok pelajar yang melakukan aksi nongkrong dan aksi bolos sekolah, Pelajar yang pesta miras dan aksi tawuran antar pelajar serta Aksi Premanisme dan oknum parkir liar.

Dalam melakukan patroli, pihak kepolisian berupaya mengantisipasi kemungkinan terjadinya tawuran pelajar, yakni dengan sambangi dan cek body serta membubarkan kelompok pelajar yang masih nongkrong di luar jam sekolah.

Di antara tujuan kegiatan itu, katanya, untuk menjaga kamtibmas. Sehingga masyarakat tetap aman dan nyaman dalam melaksanakan aktivitasnya.

Selain itu, pihak kepolisian juga melakukan pencegahan atau antisipasi kriminalitas seperti merazia senjata tajam, narkoba, minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang serta penggunaan knalpot brong kendaraan bermotor.

Kapolsek menyebutkan, dalam patroli itu bahwa dalam kegiatan tersebut telah melakukan edukasi kepada para pelajar dari salah satu SMK swasta di Pati yang kedapatan nongkrong tidak masuk kelas mengikuti PBM dan terindikasi bolos sekolah dan kedapatan menggunakan sepeda motor yang tidak sesuai standart pabrikan (Spektek/knalpot Brong).

“Sebanyak 19 unit sepeda motor milik pelajar yang protolan dan gunakan knalpot Brong telah diamankan Polsek Pati kota, selanjutnya diserahkan kepada Sat Lantas Polresta Pati guna penanganan lebih lanjut tindakan tilang,” kata dia

Bahwa beberapa barang bukti Sepeda motor yang telah diamankan ini terindikasi sering digunakan aksi trek2an dan aksi balap liar di JLS Pati hampir setiap malam Minggu.

BACA JUGA  Ny. Diana Ribut Hari Wibowo Resmi Jadi Ibu Asuh Polwan Polda Jateng; Memperkuat Peran Dan Dedikasi Polwan

“Saat ini Barang Bukti Sepeda motor diamankan pada Kantor Unit Gakkum Sat Lantas Polresta Pati”, pungkasnya.

Check Also

Pelaku Penembakan Ban Mobil Berhasil Diamankan Polsek Karanganyar Polres Demak

Demak – Polsek Karanganyar Polres Demak berhasil mengamankan seorang pelaku penembakan ban mobil Pajero, Kamis …

Rumah Warga Terbakar di Jaken Pati, Polisi Bantu Warga Evakuasi

Pati – Sebuah Rumah yang dindingya terbuat tembok dan toko sembako beserta isinya milik Supani …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *