TNI-Polri di Pati Amankan Moment Sakral Tradisi Sedekah Laut Juwana

Pati-Setelah puncak momen lebaran 2023 sukses berjalan aman, jajaran TNI-Polri diterjunkan kembali untuk mengamankan kalender kamtibmas bulan Syawal 1444 H di Kabupaten Pati. Salah satunya yakni kegiatan sedekah laut yang dilaksanakan di muara Sungai Silugonggo Juwana pada Minggu (30/04/23).

Kapolresta Pati melalui Kasat Polairud Kompol Hendrik Irawan saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa “Unsur TNI-Polri dan Pemkab Pati solid dan siap untuk mengamankan rangkaian kegiatan Syawalan yang digelar di Kabupaten Pati termasuk salah satunya sedekah laut di Bajomulyo, Juwana hari ini”.

Pihaknya menambahkan kurang lebih 200 orang personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan Pemkab Pati dikerahkan demi aman, lancar dan khidmatnya tradisi sedekah laut tersebut.

Dalam kegiatan sedekah laut tersebut, turut hadir Pj. Bupati Pati Henggar Budi Anggoro beserta Forkopimda Kabupaten Pati dan unsur dinas terkait yang ikut memeriahkan tradisi tahunan itu.

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro berharap tradisi sedekah laut ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Apalagi setelah masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat karena pandemi COVID-19.

“Mudah-mudahan ke depan kegiatan tradisi ini bisa dilakukan setiap tahunnya, harapan kita kegiatan ini pelecut meningkatkan perekomian masyarakat Kabupaten Pati,” kata Henggar saat memberikan sambutan di TPI Unit 2 Juwana.

“Mari kita tunjukkan pada dunia luar di Pati ada sedekah laut dan festival perahu naga atau sering dikenal dengan lomban yang bisa menambah destinasi wisata kita,” tambah Henggar.

Setelah penyerahan sesaji secara simbolis dilakukan oleh Pj. Bupati kepada perwakilah tokoh masyarakat, larung sesaji yang berbentuk miniatur kapal sebanyak dua buah berisikan kepala kambing, dikawal oleh dua speedboat dari KPLP dan Sat Polairud Polresta Pati menuju ke Laut Jawa untuk dilarung.

BACA JUGA  Gelar Konferensi Pers, Polresta Pati Bekuk 6 Tersangka Perjudian Dengan Barang Bukti Uang Tunai

Check Also

Respon Informasi Warga, Polsek Wedarijaksa Sita Kawa-kawa dan Cap Tiga Orang

Pati – Polsek Wedarijaksa Polresta Pati, Jawa Tengah, gencar melakukan operasi Miras di bulan suci …

Selama Operasi Pekat Candi 2024, Polresta Pati Ungkap 319 Kasus

Pati – Polresta Pati menggelar pers release hasil pengungkapan operasi pekat Candi 2024, yang digelar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *