Dir Lalulintas Polda Jateng Uji Coba ETLE drone dan Bagikan Helm Gratis Serta Bagikan Sembako

Sejumlah pengendara sepeda motor tampak tidak memakai helm saat melintas di perempatan Puri, tepat di depan Gedung Olah Raga (GOR) Pesantenan, Kamis (16/02/2023) sore.

Saat itu juga, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Tengah, Kombes Agus Suryonugroho, di dampingi Kapolresta Pati, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, dan sejumlah petugas kepolisian menghampiri para pemotor itu.

Polisi kemudian memberikan imbauan kepada para pengendara sepeda motor maupun pemboncengnya agar memperhatikan keamanan dan keselamatan berlalu lintas.

Bahkan, mereka yang tak memakai helm diberikan helm secara gratis oleh polisi.

“Saat ini kami meyakinkan bahwa Polresta Pati telah melakukan kegiatan operasi keselamatan lalu lintas candi 2023. Tadi saya cek dengan pak Kapolresta, ada (pengendara) yang tidak pakai helm tapi lengkap surat-suratnya. Ada yang pakai helm tapi nggak di klik helemnya terus kami ganti helmnya,” terang Dirlantas Polda Jateng, Kombes Agus Suryonugroho.

Dalam operasi keselamatan ini, polisi mengedepankan cara preemtif dan preventif.

“Kita mengedukasi masyarakat agar tertib berlalu lintas itu muncul dari dirinya sendiri. Dan hari ini pak Kapolresta juga memberikan hadiah kepada pengguna jalan yang tertib,” ucap dia.

Diketahui, Kapolresta Pati, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, memberikan paket sembako kepada sejumlah pengguna jalan yang tertib berlalu lintas.

“Kami mengharapkan operasi keselamatan ini masyarakat Jawa Tengah, khususnya Pati tertib di jalan. Tentunya menjamin keselamatan pada saat dijalan,” imbuh Dirlantas Polda Jateng.

Ia menjelaskan, selain mengedepankan cara preemtif dan preventif, pihaknya juga melakukan penegakan hukum kepada para pelanggar lalu lintas.

“20 persen Polri diberi kewenangan menegakkan hukum. Di samping ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) baik statis dan mobile, termasuk tilang,” ujar dia.

BACA JUGA  Mobil Sedan Milik Warga Trangkil Terbakar, Kapolsek Wedarijaksa : Api Berasal dari Kap Mesin

Pada kesempatan itu, pihaknya juga melakukan uji coba ETLE berbasis drone di wilayah perempatan Puri Pati.

“Saya juga membawa tim ETLE drone. Kita terbangkan, kita uji coba, dan bisa mengcapture (menangkap gambar) pelanggaran lalu lintas dan memantu arus lalu lintas,” tandas dia.

Sementara itu salah satu pengendara yang mendapatkan helm gratis dari Polisi adalah Opang (28), warga Desa Bageng, Kecamatan Gembong, Pati.

Ia sangat berterimakasih kepada Polisi khususnya Polresta Pati karena sudah memberikan helm gratis kepada dirinya.

“Kalau saya tidak melanggar apa-apa, hanya saja saya lupa mengunci tali helm. Kemudian dihampiri polisi dan diberi helm baru karena kebetulan helm saya sudah agak rusak,” ucap dia.

Check Also

Respon Informasi Warga, Polsek Wedarijaksa Sita Kawa-kawa dan Cap Tiga Orang

Pati – Polsek Wedarijaksa Polresta Pati, Jawa Tengah, gencar melakukan operasi Miras di bulan suci …

Selama Operasi Pekat Candi 2024, Polresta Pati Ungkap 319 Kasus

Pati – Polresta Pati menggelar pers release hasil pengungkapan operasi pekat Candi 2024, yang digelar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *