Hadirkan Bank Jateng, Polresta Pati Adakan Pelatihan Peningkatan Etika Pelayanan Publik

Pati – Guna meningkatan kemampuan personel, Polresta menggelar pelatihan keterampilan dan etika pelayanan publik Berbasis Information Technology di Ruang Bhakti Satria Mapolresta Pati, Rabu (16/11/2022) pagi.

Kegiatan yang diikuti sejumlah personel yang terlibat pelayanan, baik pada Satuan Polresta, Polsek dan SPKT ini menghadirkan pemateri dari Bank Jateng yakni Pemimpin Bidang Pemasaran Pramudjianto.

Menurut Wakapolresta Pati Kompol Asfauri saat membuka acara mengatakan pelatihan tersebut merupakan langkah Polresta Pati dalam rangka peningkatan kemampuan para personel, sehingga personel Polresta Pati menjadi lebih baik dalam pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Pramudjianto selaku pemateri menyampaikan bahwa sebagai garda terdepan pelayanan, aparat kepolisian harus membiasakan 5S yakni senyum, sapa, salam, sopan, dan santun.

“Kepolisian di bidang pelayanan publik harus melayani masyarakat dengan cara yang santun dan ramah sehingga Masyarakat merasa nyaman. ” katanya.

Masyarakat itu, kata Pramudjianto, karena masyarakat malas berurusan dengan polisi, tetapi rindu didekati polisi sebagai pengayom di tengah-tengah masyarakat.

“Tuntutan masyarakat terhadap polisi itu harus ramah dan nyaman. Mereka tidak mau tahu polisi itu ada masalah apa, yang penting, ketika meminta dilayani harus baik dengan senyuman, dan itulah masyarakat,” ujarnya.

Selain 5S, lanjutnya, seorang polisi juga harus memiliki kemampuan komunikasi publik yang baik dan memahami psikologi masyarakat.

“Polisi itu harus memahami psikologi masyarakat, ada yang harus tegas, ada pula yang harus dihadapi dengan lemah lembut. Jika seorang polisi memahami karakter ini, saya yakin, ada interaksi yang ideal, dan polisi jadi pengayom masyarakat berjalan sebagaimana yang diinginkan,” tuturnya.

BACA JUGA  Polresta Pati Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2023

Check Also

Respon Informasi Warga, Polsek Wedarijaksa Sita Kawa-kawa dan Cap Tiga Orang

Pati – Polsek Wedarijaksa Polresta Pati, Jawa Tengah, gencar melakukan operasi Miras di bulan suci …

Selama Operasi Pekat Candi 2024, Polresta Pati Ungkap 319 Kasus

Pati – Polresta Pati menggelar pers release hasil pengungkapan operasi pekat Candi 2024, yang digelar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *