Layanan Prima Satpas 1436 Polres Pati Berikan Layanan Khusus Disabilitas

Pati – Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Satlantas Polres Pati melakukan terobosan untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Pati termasuk kepada penyandang disabilitas yang akan mengajukan permohonan penerbitan SIM.

Berdasarkan ST Kapolri Nomor: ST/1983/IX/YA.11/2022, penyandang disabilitas dapat mengajukan permohonan SIM. Untuk penyandang tuna rungu atau tuli dapat mengajukan permohonan SIM A atau C. Sedangkan penyandang disabilitas lainya yang menggunakan kendaraan khusus dapat mendaftar permohonan SIM D dan D1.

Meskipun dipermudah, namun bagi pemohon SIM berkebutuhan khusus tetap wajib memenuhi persyaratan kesehatan jasmani & rohani dengan menunjukkan surat keterangan Dokter & Psikologi yang berlaku, serta mengikuti uji teori & praktek yang dilaksanakan di Satpas 1436 Polres Pati.

“Permohonan ijin khusus disabilitas ini pelaksanaanya sesuai dengan Undang-undang nomor 22 tahun 2009, tentang lalu lintas dan angkutan jalan dan Peraturan Polri nomor 5 tahun 2021 tentang penerbitan dan penandaan surat ijin mengemudi,” ujar Kasat Lantas Polres Pati melalui Bripka Hery Prayitno, S.H. Baur SIM Satpas 1463 Polres Pati.

Lebih lanjut Heri juga menjelaskan permohonan ijin khusus penyandang disabilitas ini juga sesuai hasil rapat dengan Deputi V dengan staf Presiden Republik Indonesia, 1 September 2022 tentang Surat Ijin Mengemudi (SIM) penyandang disabilitas.

“Bagi Penyandang disabilitas di wilayah Kabupaten Pati yang ingin mengajukan permohonan, silahkan langsung datang saja ke Satpas 1436 Polres Pati”, himbau Hery.

Satpas 1436 Polres Pati juga telah menyiapkan sarana dan prasarana khusus disabilitas. Mulai dari tempat parkir, kursi roda, jalur disabilitas, loket pendaftaran, loket identifikasi dan toilet khusus disabilitas.

BACA JUGA  Sinergitas TNI-Polri, Kapolsek Sukolilo Pimpin Kerja Bakti Bersihkan Sungai Ploso Kuning Pasca Banjir Bandang

Check Also

Hadiri Peringatan Haul KH. Dalhar Watucongol, Kapolda Jateng berpesan Masyarakat agar Lebih Dekat Dengan Polri

Polda Jawa Tengah | Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs. Ahmad Lutfi, S.St. MK., S.H. …

Gelapkan Uang Proyek Desa Hingga Ratusan Juta, Seorang Pria di Sukolilo Pati Diringkus Polisi

Pati – Seorang pria berinisial W (39) Warga Desa Wegil Sukolilo Pati, diamankan personel gabungan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *