HUT ke-76 Bhayangkara, Polres Pati Gandeng Kodim 0718 Donor Darah Bareng

Pati – Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-76 Polres Pati dan Personel Kodim 0178 Pati melaksanakan donor darah. Kegiatan ini juga bertujuan dapat menambah stok darah di Kota Mina Tani.

Kemarin (7/6), Kapolres Pati AKBP Christian Tobing beserta anggotanya melaksanakan bakti sosial di Aula Bhakti Satria Polres setempat. Tak hanya itu, Personel Kodim 0178 Pati turut dalam acara donor darah itu.

”Sementara ini, donor darah itu khusus Polri dan TNI. Ini dalam rangka HUT Bhayangkara Ke-76. Selain itu, untuk membantu menambah stok darah di Pati yang sulit ini,” kata Kasi Humas Polres Pati Iptu Sukarno.

Para penegak hukum itu melalui serangkaian tes sebelum diambil darahnya. Sebanyak 115 aparat diperiksa keadaan umum, tekanan darah, golongan darah, kemudian darahnya diambil sebanyak 350 cc.

Setelah diperiksa, ada 19 orang yang tak bisa dilakukan donor darah. Soalnya, mengidap hipertensi dan hipotensi. Sehingga, tak direkomendasikan untuk donor darah.

Berdasarkan data yang dihimpun dari pihak Polres setempat, 96 polisi termasuk TNI yang akhirnya bisa disuntik. Dari data itu, 15 orang golongan darah A, 34 golongan darahnya B, golongan darah O sebanyak 40 personel, dan AB sebanyak 6 orang.

Sukarno menuturkan, di masa pandemi Covid-19 ini pelaksanaan donor darah dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Ini demi keamanan bagi penerima donor darah nantinya. ”Tentu pengambilan darah ini dengan prokes ketat. Tadi ada serangkaian pemeriksaan sebelum donor darah,” imbuhnya.

BACA JUGA  Patroli Malam Hari Di Dermaga Pelabuhan Oleh Personel Sat Polairud Polresta Pati

Check Also

Latihan Penanggulangan Konflik Sosial Di Simpang Lima: Wujud Kesiapan Polda Jateng Jelang Pilkada 2024

Polda Jateng-Kota Semarang | Meningkatnya intensitas situasi politik di tengah proses kampanye Pilkada 2024 menimbulkan …

Besok Polda Jateng Gelar Latihan Penanggulangan Konflik Sosial Di Simpang Lima; Tidak Ada Penutupan Akses Jalan

Polda Jateng-Kota Semarang | Polda Jawa Tengah akan menggelar latihan penanggulangan konflik sosial sebagai persiapan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *