Memaksimalkan Pelayanan Publik, Polres Pati Mengembangkan Inovasi Delivery Online “ SIDEVY “

Pati – Dalam memaksimalkan pelayanan publik di Kabupaten Pati, Polres Pati mengembangkan SIDEVY (Sistem Inovasi Delivery) guna mempermudah Masyarakat dalam mendapatkan pelayanan, dan dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Pati, SIDEVY (Sistem Inovasi Delivery) Polres Pati sudah tersosialisasikan kepada masyarakat melalui media sosial, dan disosialisasikan oleh Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polres Pati, pelayanan SIDEVY (Sistem Inovasi Delivery) terdiri dari pelayanan SIM Delivery, STNK Delivery, BPKB Delivery, SKCK Delivery, Surat Kehilangan Delivery, Vaksin Delivery, dan dapat diakses masyarakat melalui aplikasi yang ada di Play Store.

Keberhasilan dalam memperluas inovasi SIDEVY (Sistem Inovasi Delivery) tersebut juga diikuti dengan bertambahnya jumlah masyarakat yang mendownload aplikasi, kini di tahun 2022, jumlah pengguna aplikasi SIDEVY (Sistem Inovasi Delivery) meningkat sebanyak 1000 orang lebih, dimana sebelumnya hanya berjumlah 530 orang pada tahun 2021. Hal ini membuktikan bahwa layanan SIDEVY (Sistem Inovasi Delivery) terus berkembang dan memberikan pengaruh yang cukup besar bagi masyarakat.

Kapolres Pati melalui Kasi Humas Iptu Sukarno mengatakan pelayanan SIDEVY (Sistem Inovasi Delivery) ini memberikan manfaat yang cukup besar sejak dibentuk pada tahun 2020 hingga saat ini. Diantaranya adalah meningkatnya respon cepat anggota Polres Pati terhadap masyarakat dalam bidang pelayanan SIDEVY, dengan adanya inovasi tersebut sangat mengurangi penyebaran Covid-19 pada tahun 2021 sampai di tahun 2022 telah turun menjadi 85% di wilayah Kabupaten Pati sehingga menjadi pilihan solutif bagi masyarakat untuk menggunakan inovasi pelayanan SIDEVY dikarenakan hanya mengunduh aplikasi, masyarakat sudah bisa mendapatkan pelayanan tanpa harus datang ke tempat pelayanan terpadu Polres Pati.

“SIDEVY merupakan suatu inovasi yang dibangun bertujuan untuk mengurangi kontak antara petugas dengan pemohon serta meningkatkan pelayanan publik di Polres Pati dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dimana masyarakat tidak harus datang dan bertatap muka dengan petugas dan berkerumun mengingat kondisi pandemi saat ini. Dengan melihat situasi masa Pandemi seperti ini maka sangat efektif tidak harus dating”. Ungkapnya.

BACA JUGA  Polisi Sahabat Anak, Bhabinkamtibmas Polsek Dukuhseti Sambangi TK Khoiriyah Desa Dumpil

Lebih lanjut, sukarno menambahkan SIDEVY merupakan terobosan kreatif Polres Pati untuk menjadikan SDM Polri yang Unggul di Era Police 4.0 ( Program Prioritas Kapolri nomor 3 ) serta Perubahan Teknologi Kepolisian Modern di Era Police 4.0 ( Program Prioritas Kapolri nomor 4 ) dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Polri ( Program Prioritas Kapolri nomor 11 ) dan Mewujudkan Pelayanan Publik Polri yang Terintegrasi ( Program Prioritas Kapolri nomor 12 ) dalam menjawab tantangan dimasa pandemi Covid-19 kemajuan tekhnologi informasi sehingga masyarakat mudah dan murah dalam mendapatkan pelayanan Kepolisian Resor Pati sebagai kontribusi terhadap SDGs/TPB Nasional.

“Masyarakat dapat mengakses dengan mengisi form yang sudah disediakan dan terdapat panduan pelayanan sebelum mengisi, sehingga masyarakat sangat dipermudah dalam menerima layanan dari Polres Pati secara cepat. Tentunya terlebih dahulu diharuskan untuk regristasi data diri berupa photo bersama KTP dan tunggu balasan berupa pesan Whatapps dari sistem bahwa anda sudah terdaftar sebagai pengguna layanan aplikasi Pelayanan Terpadu Polres Pati kemudian pemohon dapat memilih jenis layanan delivery yang dibutuhkan”. Tutupnya.

Check Also

Libur Lebaran Hari Ke-4, Unit Pam Obvit Polresta Pati Laksanakan Patroli ke Objek Wisata

Pati – Antisipasi libur panjang Idul Fitri 1445 H/ 2024 M, Unit Pam Obvit Sat …

Subsatgas Dokkes OKC 2024 Polresta Pati Berikan Layanan Kesehatan kepada Personel Pam

Pati –  Upaya memastikan kondisi tubuh tetap terjaga kesehatannya, Subsatgas Dokkes Polresta Pati memberikan pelayanan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *